Ungkap Mesin Waktu Seperti di Star Trek

Jakarta – Terdengar seperti konsep fiksi ilmiah, tapi ilmuwan suatu saat akan bisa membuat ‘jubah ruang waktu’. Jubah ini memungkinkan beam di luar angkasa layaknya di film Star Trek.

Perangkat ini bekerja dengan mempercepat dan melambatkan cahaya untuk memberi ilusi peristiwa yang terjadi. Jubah ini disebut oleh peneliti dapat digunakan untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain secara instan.

Jubah ini seperti beam di luar angkasa layaknya di film Star Trek. Perangkat ini juga dapat menipu CCTV. Riset jubah ini diuraikan di terbitan Journal of Optics dariInstitute of Physics.

Pemimpin riset ini, Martin McCall, mengatakan, “Dengan memanipulasi cahaya, menyembunyikan lintasan waktu menjadi mungkin dilakukan. Bagi peneliti hal ini akan tampak seperti memindahkan seseorang secara instan seperti ilusi pada Star Trek.”

Dalam eksperimen sebelumnya, ilmuwan membuktikan cahaya dapat dibelokkan di sekitar obyek untuk membuatnya tak terlihat. Penjelasan di fisika mudah seperti melihat partikel cahaya dari dalam mobil, ketika berada di jalan ramai.

Teknologi ‘jubah tak terlihat’ ini menggunakan ‘metamaterial’ yang memiliki struktur yang dapat membelokkan cahaya. Riset baru lebih lanjut dilakukan guna merancang cara untuk menyembunyikan peristiwa dan objek.

Hal ini dapat dicapai dengan tak membengkokkan cahaya, melainkan memanipulasi kecepatannya melalui medium material. Meski perangkat jubah ruang waktu ini masih jauh, tapi ilmuwan telah menciptakan rancangannya berdasarkan fiber optik yang telah dikustomisasi.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes