Martapura dan Kecamatan Cempaka

Bagi Anda pecinta batu permata, berkunjunglah ke Kalimantan Selatan. Sebab di sana ada tempat bernama Martapura, sebuah kawasan sumber batu permata. Sudah menjadi berita umum kalau Martapura terknal dengan intan permatanya. Martapura yang merupakan ibukota kabupaten Banjar, daerah penghasil batu aji dan batu mulia, semisal intan: berlian.

Batu dicuci menggunakan linggangan
Yang menarik dari Martapura, dalam mendulang batu-batu berlian ditambang dengan secara tradisional. Caranya, pertama, penambang menggali lubang pendulangan sedalam 1 sampai dengan 3 meter, setelh digali kemudian batu pendulangan dinaikkan ke atas lalu ditumpuk yang tidak jauh dari lubang pendulangan. Selanjutnya batu-batu dicuci dengan sebuah alat yang bernama Linggangan; bentuknya kerucut terbuat dari pohon kayu besar.

Bershalawat saat intan ditemukan
Untuk mendapatkan intan dari batu-batuan yang sudah ditambang, memerlukan proses cuci serta penyortiran yang berulang-ulang. Apabila setelah dicuci dan disortir kemudian menemukan intan, maka yang pertama kali dilakukan, penambang mengumandangkan shalawat nabi dan mengulum hasil temuannya ke dalam mulut. Itulah keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat penambangan selain Martapura.

Intan dibentuk menjadi beragam kerajinan
Batu intan yang ditemukan, selanjutnya dibentuk dan dibuat menjadi berbagai kerajinan dan perhiasan untuk selanjutnya dijual pada sentra perdagangan atau toko perhiasan. Ada sebuah sentra pedagangan batu intan terbesar di martapura, namanya Cahaya Bumi Selamat.

Selain sentra perdagangan terbesar, juga sebagai pasar terunik di dunia. pasalnya, meskipun Cahaya Bumi Selamat pusat jual beli perhiasan berharga namun penampilan pasar itu sendiri tidak semewah pasar perhiasan kebanyakan. Dari Banjarmasin, pasar tersebut bisa ditempuh dengan waktu 45 menit saja, kalau dari Bandara Syamsudin Noor hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Pendulang kaya mendadak di Kecamatan Cempaka
Tidak hanya Martapura yang menjadi daya tarik kabupaten Banjar, masih ada satu lagi kecamatan yang bisa dikunjungi, namanya Kecamatan Cempaka. Tempat ini menjadi terkenal, sebab belasan tahun yang silam pernah ditemukan intan trisakti, yang menjadikan si pendulangnya kaya mendadak.

Itulah sekilas informasi pariwisata tentang, "Martapura dan Kecamatan Cempaka". Yang mudah-mudahan menjadi agenda destinasi wisata Anda, salam :D


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes