Terumbu Karang di Sulawesi Tengah

Perairan Indonesia adalah salah satu perairan yang kaya akan terumbu karang. Namun sayangnya, tidak cukup dikenal bahkan cenderung terlupakan. Salah satunya tempat kekayaan terumbu karang terletak di Teluk Palu, Donggala, Sulawesi Tengah.

Teluk Palu Menyimpan Kecantikan Tersendiri
Sedikit orang Indonesia yang mengetahui bahwa Teluk Palu menyimpan kecantikan tersendiri. Bila pembaca berkunjung ke Teluk Palu, sangat disarankan untuk mendatangi pantai Tanjung Karang. Lokasinya berjarak 40 km dari kota Palu atau berjarak tempuh selama 45 menit.

Seperti yang sering pembaca ketahui melalui brosur-brosur pariwisata, gambaran pantai Tanjung Karang memiliki hamparan pasir yang putih yang bersanding dengan air laut yang biru dan sangat jernih, ombaknya bergelombang tenang, pohon nyiurnya berdahan dengan melambai-lambai, pengunjungnya akan dengan nyamman bersantai di tepi pantai, bermain-main dengan air laut yang bening dan menyegarkan. Sampai-sampai Pantai Tanjung Karang dijuluki sebagai 'pantai impian'.

Jika air lautnya diselami, maka akan nampak kumpulan terumbu karang. Terumbu karangnya tergolong unik dan ikan-ikannya berwarna-warni. Sehingga bagi para penyelam baik itu, scuba-diving, snorkle-ing, atau pemancing sangat memfavoritkan pantai Tanjung Karang di sudut Teluk Palu, Donggala, Sulawesi Tengah ini.

Di Tanjung Karang terdapat 17 gugus terumbu karang di radius kira-kira 20 km. Dan gugus terumbu karang yang terdekat dengan pantai bernama House Reef. Jaraknya kira-kira 2 meter dari bibir pantai. Selain House Reef, gugus terumbu karang lainnya yang bisa dilihat adalah Rocky Point, Natural Reef, Irmis Block, Anchor Reef, Green Wall, serta Alex Point, semua gugus terumbu karang tersebut satu sama lain sama indahnya ...

Sumber: Klasika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes